Kurang Tidur Bisa Mendorong Seseorang untuk Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan Manis

Kesehatan

Jakarta – Konsumsi makanan manis merupakan kebiasaan yang disukai banyak orang. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa hal ini bisa terjadi karena kurang tidur.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan pada Journal of the American Heart Association mengungkap hubungan antara kurang tidur serta keinginan mengonsumsi makanan tinggi kalori terutama pada wanita. Survei penelitian dilakukan terhadap 500 wanita yang berusia antara 20 dan 76 tahun.

Diketahui bahwa mereka yang dilaporkan memiliki kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur juga mengonsumsi makanan tinggi gula, lemak jenuh, serta kafein. Peneliti mengingatkan bahwa wanita cenderung memiliki risiko tinggi obesitas dan gangguan tidur.

Baik obesitas maupun gangguan tidur sama-sama disebabkan dan berujung pada konsumsi makanan berkalori. Makanan dengan tambahan gula dan lemak juga berhubungan dengan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

“Pada masyarakat modern saat ini, kita sering bekerja hingga larut malam, kita makan larut malam dan kadang tidur dikesampingkan walau memiliki peran yang sangat penting bagi gaya hidup sehat kita,” terang peneliti Dr. Brooke Aggarwal dari Columbia University.

“Hasil penelitian kami menggarisbawahi pentingnya tidur berkualitas dan baik bagi manajemen berat badan serta mencegah penyakit jantung yang potensial di antara wanita,” sambungnya.

Dari penelitian diketahui bahwa 30 persen wanita yang terlibat pada penelitian ini tidur kurang dari tujuh jam setiap malam dan 25 persen mengalami insomnia. Waktu tidur rata-rata dari partisipan penelitian ini lebihs sedikit dari tujuh jam.

Para wanita tersebut, secara rata-rata mengonsumsi 500 hingga 800 tambahan kalori. Jumlahnya melebihi rekomendasi harian bagi lemak jenuh, gula tambahan, serta kafein. Selain itu mereka juga kekurangan makanan sehat seperti serat dan biji-bijian.

Aggarwal juga mengungkap bahwa mengonsumsi makanan cepat saji bisa mengganggu siklus tidur. Dia juga menyarankan untuk tidur pada jam yang sama setiap malam, mematikan seluruh perangkat, dan membuat temperatur kamar menjadi dingin dan nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *