Biaya Logistik dan Internet Masih Jadi Kendala UKM di Luar Pulau Jawa

Ekonomi

JAKARTA – Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mengakui ada permasalahan yang mengganjal pengembangan pelaku UKM di luar Pulau Jawa. Hambatan itu adalah biaya logistik dan kemampuan internet.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit menjelaskan, pelaku UKM di luar Jawa umumnya sudah memiliki pangsa pasar, produknya bahkan bervariasi. Namun, jika bicara soal biaya logistik menjadi sulit bersaing.

“Memang d luar Pulau Jawa punya tantangan yang cukup besar, terutama di biaya logistik,” katanya dalam acara IDX Economic Forum Road Map UMKM 2020-2024 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Dia menyatakan, persoalan logistik ini tengah dikaji oleh pemerintah untuk pada akhirnya bisa dilakukan efisiensi.”Ini sedang menjadi PR pemerintah untuk bagaimana mengonsolidasi kargonya,” imbuh dia.

Sementara persoalan penetrasi teknologi juga menjadi tantangan bagi pelaku UKM di luar Pulau Jawa, lantaran kualitas kecepatan jaringan internet di sana juga jauh dari di Pulau Jawa. Di samping itu, kualitas sumber daya manusia juga umumnya lebih baik di Pulau Jawa.

“Secara kondisi di Pulau Jawa jelas internetnya lebih mudah dan sumber daya manusianya lebih baik,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *